post-image

hsse goes to school – bekali siswa peduli kesehatan, keselamatan & tanggap bencana

Banyuwangi, 6 Maret 2024 - SMAN 1 Giri Taruna Bangsa sebagai salah satu sekolah yang mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dengan pilihan Mandiri Berbagi sangat menjiwai perannya sebagai lembaga yang berupaya menghadirkan pembelajaran menyenangkan untuk peserta didiknya.

Sesuai tagline Merdeka Belajar yaitu belajar di mana saja, kapan saja dan dengan siapa saja maka salah satu cara yang ditempuh untuk menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan  adalah dengan selalu terbuka dan menggali berbagai kerjasama dengan banyak pihak yang bisa menjadi narasumber belajar berbagai ilmu yang bermanfaat untuk peserta didik.

Hal tersebut terbukti dengan jejak-jejak kegiatan di sepanjang tahun pembelajaran 2023/2024 dimana peserta didik belajar bersama Dosen Prodi statistic UNAIR (15/7/2023), Museum Penerangan Kominfo dalam acara MUSPEN goes to school (27/8/2023) dilanjutkan BUMN Mengajar bersama PELINDO (18/9/2023). Mengenal bahaya merokok bersama Kemenkes Pusat (20/9/2023), Belajar bersama Forum Rektor Indonesia (22/9/2023), lalu Mengulik Bahaya Perundungan bersama seorang psikiater Ibu Dhea Dana Mariska dalam Banyuwangi Mengajar (24/10/2023).

Demikian juga pagi ini. Setelah berkoordinasi kurang lebih satu bulan lamanya, akhirnya SMAN 1 Giri mendapatkan kesempatan belajar dari Divisi Kesehatan dan Keselamatan Kerja (KKK) Husky CNOOC Madura Limited (HCML) yang merupakan perusahaan mitra SKK Migas. Dikarenakan proses pencapaian produksi minyak yang mereka lakukan telah memenuhi targetnya, maka HCML berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja keselamatan, kesehatan kerja dan lindung lingkungan kepada masyarakat dan generasi muda. Salah satu kegiatan yang digagas HCML dan senafas dengan SMAN 1 Giri tersebut  adalah HSSE Goes to School.

 

Adapun kegiatan yang diselenggarakan antara lain adalah ceremony pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi dan Bapak Ahmad Jaenuri, S.Pd,M,Pd, Kepala SMAN 1 Giri Bapak I Ketut Renen, S.Pd, M.Si. Sedangkan dari pihak HCML hadir Head of Savety yaitu Bapak Soni Widodo, Head of Health Bapak dr Wisnu Wardhana dan Head of Security Bapak Sopan Budiono.

Peserta dalam kegiatan tersebut adalah 100 siswa terpilih yang merupakan anggota organisasi PMR, Polsis, Danyon, OSIS, Putra-putri SMAGI dan SMAGI TV. Adapun materi-materi yang didapatkan antara lain adalah Mengenal Perusahaan HCML, Bahaya Merokok, Bencana Alam dan Peringatan Dini, Pelatihan P3K dan CPR, serta Pelatihan Pemadaman Api.

Selama pelatihan, seluruh peserta didik merasa bahagia karena selain mendapatkan ilmu-ilmu baru juga mendapatkan banyak sekali doorprice selama kegiatan. Mulai coklat-coklat yang bertaburan, berbagai benda elektronik, helm, hingga tablet Samsung A70. Selain itu seluruh siswa tersebut juga mendapatkan kenang-kenangan berupa tas ransel, termos air, buku kerja, set peralatan makan ramah lingkungan, snack dan makan siang. Demikian juga seluruh guru dan karyawan juga mendapatkan kenang-kenangan yang sama ditambah baju batik sesuai ukuran masing-masing.

Seluruh warga SMAN 1 Giri Banyuwangi mengucapkan terimakasih kepada HCML atas kehadirannya di sekolah untuk berbagi ilmu serta bonus kenang-kenangan yang luar biasa. Kami berharap kedepannya HCML makin maju, tercapai target-targetnya serta tetap bisa menjalin kerjasama dalam bentuk yang lain.