post-image

MUSPEN GOES TO SCHOOL

Muspen Goes to School adalah salah satu program sosialisasi dari Museum Penerangan milik Kementerian Informasi dan Komunikasi yang kegiatannya adalah datang langsung ke sekolah. Kali ini, 22 Agustus 2023 yang mendapatkan kesempatan adalah SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. 

Acara dimulai pukul 10.00-10.15 WIB dengan registrasi, pembagian snack dan pemutaran video profil museum penerangan. Registrasi dibantu oleh lima orang siswa pengurus OSIS SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.

Selanjutnya pukul 10.15 - 10.45 WIB, para siswa diberikan pengenalan terhadap museum penerangan dan promosi muspen bestie dengan menggunakan replika si Unyil sebagai alat peraga.

Berikutnya adalah acara sambutan-sambutan yang diawali oleh sambutan Kepala SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, bapak H. Mujib, S.Pd.M.M, lalu sambutan dari ibu ketua Pokjar Layanan Muspen, ibu Ventri Ridha Bineka. Dan yang terakhir, acara resmi dibuka dengan sambutan dari bapak Drs Heri Rakhmat, M.Pd pengawas sekolah yang mewakili Cabang Dinas Pendidikan wilayah Kabupaten Banyuwangi. Sambutan dilakukan secara daring. 

 

 

Setelah acara dibuka, dilanjutkan dengan acara games dengan berbasis Kahoot pada pukul 11.00 - 11.45 WIB. Games tersebut diikuti oleh seluruh siswa baik yan hadir secara luring maupun yang hadir secara daring. Pada kesempatan tersebut hadir 324 siswa secara langsung di aula SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. Dan sisanya ada 74 sekolah SMA dan SMK yang hadir melalui link zoom. Sesuai edaran dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Banyuwangi, maka setiap sekolah SMA dan SMK se Kabupaten wajib mengikutsertakan 10 siswa dan dua orang guru Sejarah.

Pada kesempatan tersebut, terpilihlah 5 orang dengan skor Kahoot tertinggi yang mendapatkan apresiasi berupa bingkisan dari Museum Penerangan.

Berikutnya, pada pukul 11.45 - 12.45, seluruh peserta kegiatan istirahat, dan bagi yang muslim sholat dan makam.

Setelah istirahat selesai, pada pukul 12.45-13.00 WIB dilakukan ice breaking dengan dipimpin oleh MC. Terdapat lima hadiah pula untuk event tersebut.

Setelah game Kahoot selesai, acara masuk ke tujuan utama yaitu seminar bersama pemateri Kang Asep Kambali dan Teh Mira Sahid. Kang Asep menyampaikan materi tentang Nasionalisme Pemuda, Museum, dan Literasi Digital. Sedangkan Teh Mira menyampaikan Generasi Emas Melek Digital  Materi mengalir dengan lancar dan sistematis sehingga para peserta juga merasa antusias. Dengan dipandu oleh moderator Sri Widowati, M.Pd. Ada enam pertanyaan yang ditanyakan oleh audiens, terdiri dari 5 orang siswa yang luring di aula, dan 1 siswa secara virtual melalui zoom meeting. Moderator juga menyampaikan informasi bahwa akan dipilih lima orang peserta terbaik yang update status terkait dengan lomba saat itu.

Berikutnya pembawa acara, ibu Rita Rizki, S.Pd membagikan hadiah update medsos terbaik, serta bingkisan kepada lima penanya secara luring.

Hari itu, anak-anak merasa sangat berkesan dan berharap jika ada sosialisasi lagi, juga akan dibungkus seperti itu.