post-image

MPLS 2023 : SISWA MENGINAP DI SEKOLAH, MERASA SENANG KARENA FASILITASNYA NYAMAN

Masa Pengenalan Siswa Baru yang biasa disingkat MPLS tahun ini di SMAN 1 Giri benar-benar  ingin membantu peserta didik agar lebih mengenal sekolahnya, temannya, lingkungannya, fasilitas sekolah, kegiatan-kegiatan sekolah, serta bapak ibu guru dan karyawan sekolah, sehingga diharapkan para siswa yang berasal dari berbagai SMP ini menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. 

Selain itu, SMAN 1 Giri juga ingin menanamkan karakter positif bagi seluruh peserta didiknya. Karena pertemuan awal ibarat pondasi kesan  baik yang menentukan sikap siswa pada pertemuan-pertemuan selanjutnya. Oleh karena itu, rangkaian acara MPLS disusun sesuai juknis dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dan dikembangkan sesuai kondisi sekolah. MPLS harus dengan suasana yang menyenangkan dan mendidik tanpa ada unsur perploncoan.

Hari pertama dimulai dengan pembukaan MPLS yang dilakukan serentak se Jawa Timur secara daring. Siswa kelas X sebanyak 329 orang berkumpul di aula untuk menyaksikan dan melakukan rangkaian upacara yang dipandu oleh Jawa Timur.  

Dalam kegiatan pagi itu, terdapat acara santunan anak yatim yang berarti mengajarkan anak-anak untuk peduli dan berbagi terhadap sesama. Selain itu juga ada acara menanam lima pohon di area lingkungan sekolah, berarti anak-anak diajak untuk cinta dan peduli pada tempat di mana dia akan belajar. Setelah acara pembukaan para siswa mengikuti rangkaian acara sesuai agenda sekolah.

 

 

 

MPLS berjalan selama empat hari, mulai Senin, 17 Juli 2023 hingga Kamis, 20 Juli 2023. Dilanjutkan tes matrikulasi di hari Jumat dan Penerimaan Dewan Ambalan yang menginap pada hari Jumat 21 Juli hingga Sabtu pagi. Acara berlanjut di hari Sabtu, 22 Juli 2023 dengan tradisi penerimaan taruna baru dan pemilihan pejabat Danyon. Pada kedua acara yang menginap di sekolah tersebut, terdapat atraksi seni, lomba yel-yel, dan game-game yang menarik dikemas dalam outbond, sehingga para siswa baru tidak merasa tertekan justru merasa senang.

Selain itu, selama dua hari menginap, diadakan jamaah sholat malam bagi yang beragama Islam dan kegiatan kerohanian bersama pembina masing-masing bagi yang beragama selain Islam. Hal tersebut dilakukan dikandung maksud agar seluruh peserta didik memiliki akhlak yang baik dan jiwa religius yang tinggi sesuai harapan profil pelajar Pancasila.

Rangkaian kegiatan ditutup di hari Minggu, 23 Juli 2023 dengan upacara penutupan, pengukuhan pejabat danyon, pengalungan bunga, dan siraman terhadap seluruh peserta didik baru.

Hal yang menarik dari MPLS ini adalah ketika siswa menginap di sekolah. Tentunya tidur di atas tikar yang dibawa sendiri-sendiri dari rumah. Kami melakukan wawancara secara sampling random. Ternyata para siswa merasa senang berkumpul dengan teman-temannya juga merasa bahwa lingkungan sekolah bagus dan indah. Fasilitas mandi sangat memenuhi syarat sehingga tidak perlu antri terlalu lama. Jumlah toilet juga sangat memenuhi dan rata-rata kamar mandinya bagus, sehingga membuat nyaman ketika menginap. Juga banyak gasebo yang bisa digunakan untuk duduk-duduk istirahat.

Intip sebagian fasilitas SMAN 1 Giri  https://sman1giri.sch.id/about/infrastructure