post-image

BIMTEK SAAT LIBURAN : MENUNTUT ILMU SAMBIL HEALING DEMI ANAK BANGSA

Sebagai wujud dedikasi dalam memberikan pelayanan pembelajaran yang terbaik bagi peserta didik, maka salah satu program Kurikulum di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa adalah memberikan Diklat bagi bapak ibu guru sebelum memasuki tahun ajaran baru 2023/2024. 

Hal tersebut dipandang sangatlah penting karena adanya perubahan kurikulum dari K13 menjadi kurikulum Merdeka di mana SMAN 1 Giri Taruna Bangsa telah memasuki tahun kedua dalam implementasinya. Kebutuhan apa saja yang perlu disediakan seorang guru dalam menyongsong naiknya siswa dari kelas X ke kelas XI yang berarti berubah dari fase E ke fase F.

Dalam BIMTEK yang diselenggarakan pada tanggal 5-6 Juli 2023 di Three B Villa and Resto tersebut dijelaskan tentang model perangkat mengajar yang terbaru, lalu bagaimana cara menyusunnya, meliputi  CP, ATP dan Modul.

Hadir sebagai pemateri antara lain Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Banyuwangi Bapak Drs Ahmad Jaenuri, M.Pd, dan juga Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Banyuwangi, Bapak Akhmad Nurhuda, M.Pd. Adapun pemateri utama adalah Kepala SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, Bapak H Mujib, S.Pd, M.M.

Pada kesempatan tersebut juga ada sesi berbagi praktik baik dari dua orang guru penggerak SMAN 1 Giri yaitu Bapak Firman Eka Saputra, S.Pd dan Ariyan Pradana, S.Pd. Serta yang lebih menyenangkan lagi ada sesi di mana Bapak Kepala Sekolah membagikan buku karyanya dengan judul "PENDIDIKAN DALAM GENGGAMAN" pada semua peserta BIMTEK.

Pada saat pelaksanaan Bimtek tersebut, yaitu tanggal 5 dan 6 Juli 2023 masih bertepatan dengan libur akhir tahun ajaran 2022/2023 maka Bimtek dilaksanakan di tempat yang indah dan representatif sebagai sarana healing. Three B villa and resto terletak di lereng bukit di tepi selat Bali, sehingga dari hallnya kita bisa melihat keindahan selat Bali dari ketinggian.

Selain itu, pada pagi di hari kedua, diadakan senam pagi bersama yang dipimpin oleh ibu Ketua Darmawanita Persatuan SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, Ibu Hj Nurul Lailiyah Mujib, S.Pd. Dari tempat senam kita bisa melihat selat Bali yang biru sekaligus bukit Kapuran yang hijau.

Panitia sangat berharap Bimtek ini bisa meng-upgrade kemampuan Bapak Ibu guru sekaligus mengecash kebutuhan psikis untuk rekreasi agar ketika mulai masuk kerja kembali fresh dan penuh semangat.