post-image

RAYAKAN HUT PRAMUKA DI PANTAI CEMARA

HUT Pramuka ke 61 tanggal 14 Agustus 2022 yang bertepatan dengan hari Minggu tidak menyurutkan GUDEP HOS Cokroaminoto dan Dewi Sartika untuk melaksanakan kegiatan upacara bendera. Bahkan dengan penuh kreatifitas, mereka mendesain upacara di tepian pantai Cemara yang sejuk dan indah. Bukan hanya itu saja, acara juga ditambah dengan penanaman 50 bibit mengrove di area hutan pantai yang nampak gundul.

Peringatan HUT Pramuka ini tidak hanya sekedar formalitas belaka tanpa makna, namun juga berusaha mendekatkan peserta didik pada alam sekitar di mana mereka harus peduli. Naiknya suhu bumi mengakibatkan es di kutub mencair dan permukaan laut meningkat. Abrasi bibir pantai terus-menerus akan mengurangi luasan daratan dan ini sangat berbahaya. Salah satu pencegahannya adalah dengan melestarikan mangrove. Peduli pada isu lingkungan global ini menasbihkan bahwa Pramuka SMAN 1 Giri Taruna Bangsa adalah bagian dari masyarakat global dunia. Sebagaimana kita tahu bahwa Pramuka atau kepanduan adalah organisasi internasional, dan mangrove juga adalah salah satu isu yang diangkat dalam pertemuan negara-negara G20.

Acara menanam pohon diawali oleh Kepala Sekolah, Bp H. Mujib, S.Pd, M.M. dilanjutkan Waka Kesiswaan Ibu suharsih, S.Pd, Waka Humas dan Sarpras, ibu Sri Widowati, M.Pd, Pembina Pramuka Bp Hadi Setiawan, S.Pd dan Ibu Yunda Zelika, S.Sos, kemudian diikuti oleh seluruh siswa-siswi Dewan Ambalan.

Dari hasil wawancara penulis terhadap para anggota dewan Ambalan, mereka mengatakan bahwa sangat menyukai acara hari ini karena bisa sambil rekreasi dan menanam pohon di pantai. 

Semoga sedekah oksigen ini menjadi amal jariyah bagi seluruh warga SMAN 1 Giri Taruna Bangsa