post-image

STIMULUS TERTIB BERKENDARA DARI LINGKUNGAN SEKOLAH

Dalam rangka menindaklanjuti surat edaran dari Cabang Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi Nomor 420/1052/101.6.7/2022 tentang Implementasi Tata Tertib Berlalu Lintas di Jalan Raya, serta mengingat adanya kecelakaan yang baru-baru ini menimpa siswa SMK hingga meninggal dunia, maka SMAN 1 Giri Taruna Bangsa mengadakan kegiatan tertib berkendara.

Senin, 15 Agustus 2022 disengaja tidak ada upacara. Parkir siswa mulai datang sudah dikondisikan sesuai jenjang kelasnya. Para siswa melakukan kegiatan penguatan pendidikan karakter (PPK) dari kelas masing-masing, sedangkan wakasek dan asisten berada di Graha bersama para pengasuh dari tiga matra untuk mendiskusikan teknis pelaksanaan tertib kendaraan pagi itu.

Akhirnya disepakati, kegiatan tersebut diumumkan di grup wali kelas, lalu siswa juga dipanggil melalui mikrofon mulai dari kelas XII dengan alokasi waktu 30 menit, lanjut kelas XI juga 30 menit, dan yang terakhir kelas X juga dengan alokasi waktu yang sama.

Teknis yang dilakukan di lapangan adalah siswa harus berdiri di samping sepeda motor masing-masing. termasuk para siswa yang membawa mobil, maka menuju parkir timur di mana mobil mereka diparkirkan. Lalu para pengasuh dibantu waka asisten dan wali kelas  mengecek kondisi kendaraan apakah sesuai dengan standar yang berlaku, sekaligus juga mengecek apakah surat-suratnya sudah lengkap.

Setelah pelanggaran dicatat dan mendapatkan pengarahan singkat,  para siswa diperbolehkan kembali ke kelas. Rekapitulasi pelanggaran ditindaklanjuti dengan program berikutnya yaitu pembuatan sim kolektif. 

Semoga kepedulian sekolah ini bisa meningkatkan ketertiban para siswa terutama ketika berkendara serta mampu mencegah bertambahnya angka kecelakaan lalu lintas.