post-image

TRADISI PENERIMAAN TARUNA BARU DAN PENGUKUHAN PEJABAT DANYON

SMAN 1 Giri Taruna Bangsa sedikit demi sedikit terus berbenah dan merubah diri menuju wujud yang semakin baik. Sesuai dengan salah satu visinya yaitu menjadi sekolah taruna yang unggul, maka sekolah ini berupaya melakukan kegiatan-kegiatan yang elegan dan membangkitkan semangat bagi siswa. Salah satu metamorfosa tersebut adalah adanya kegiatan Tradisi Penerimaan Taruna Baru dan Pemilihan serta Pengukuhan Pejabat Danyon yang tahun ini telah memasuki generasi ketiga.

Pada hari Sabtu, 22 Juli 2023, pagi harinya, para peserta didik melakukan kegiatan outbond di area sekeliling sekolah, kemudian juga membuat yel-yel dan dilombakan. Sore hari melakukan gladi upacara, dan malamnya melakukan pemilihan Pejabat Danyon angkatan 3. 

Pemilihan Danyon dilaksanakan di Aula SMAN 1 Giri Taruna Bangsa dengan melibatkan Bapak Ibu guru panitia, pengasuh, Pejabat Danyon terdahulu, dan tentunya seluruh calon Taruna Angkatan 3. 

Tiga orang pasangan kandidat dicecar sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh Bapak/Ibu guru panitia, Pengasuh, serta Pejabat Danyon Angkatan 2, selanjutnya seluruh taruna angkatan 3 secara terbuka memilih pasangan Calon Pejabat Danyon yang mereka inginkan.

Pada kesempatan tersebut terpilih pasangan calon Ketua dan Wakil Ketua nomor urut 1.

Acara dilanjutkan dengan menginap di sekolah, sholat malam, dan keesokan harinya senam pagi. Dan yang terakhir tentunya adalah upacara Penerimaan Taruna Baru dan Serah Terima Resimen, dan Pengukuhan Pejabat Danyon Angkatan 3. Acara diakhiri dengan upacara siraman kepada seluruh Taruna Baru Angkatan 3. Nampak kegembiraan para siswa ketika mendapat siraman air dan akhirnya bisa kembali pulang ke rumah masing-masing dengan membawa sertifikat tanda telah mengikuti serangkaian acara MPLS.