post-image

TIGA MAHASISWA JEPANG BERTAMU KE SMAN 1 GIRI TARUNA BANGSA

Tiga mahasiswa asal Jepang, Seina Kimura dari Universitas Doshisha, Ayami Nakamura dari Universitas Kitakyushu dan Shiori Nada dari Universitas Konan, melakukan perjalanan dari Jogjakarta, Malang, lanjut Banyuwangi dan berakhir di Bali. Ketika di Banyuwangi, pada tanggal 23 Agustus 2023, mereka sengaja datang ke SMAN 1 Giri Taruna Bangsa untuk berkenalan dengan para siswa dan saling bertukar budaya.

Adapun budaya yang dikenalkan oleh SMAN 1 Giri adalah beberapa lagu asli Banyuwangi dan tari gandrung. Pada kesempatan tersebut,tari gandrung dikenalkan dengan peragaan sederhana, diikuti oleh penjelasan narasi dari Ibu Shinta Maya, M.Pd terkait asal-usul budaya gandrung, tujuan menari gandrung, serta kostum sesungguhnya dalam menarikan gandrung. Pada kesempatan tersebut juga diputarkan video gandrung sewu yang sangat menarik bagi tamu tersebut.

Selain menampilkan lagu-lagu khas Banyuwangi, salah satu siswa SMAN 1 Giri Taruna Bangsa juga menyanyikan lagu dari Jepang diikuti oleh seluruh siswa yang hadir di aula. 

 

Berikutnya, para siswa menanyakan berbagai hal tentang budaya Jepang yang menarik hati mereka, belajar bersama menulis huruf kanji, lalu ditutup dengan membuat origami dan menyanyikan lagu Jepang yang sedang hits secara serempak. 

Para siswa nampak bahagia karena bisa mendapatkan hal-hal dan informasi baru dari sumber aslinya