post-image

STUDI TIRU SMAN 1 MUNCAR DAN SMAN DARUSHOLAH SINGONJURUH KE SMAGI

Jumat, 1 September 2023, 13.00 WIB,  SMAN 1 Giri Taruna Bangsa mendapatkan tamu dari SMAN 1 Muncar dan SMAN Darusholah Singonjuruh. Tujuan dari kunjungan tersebut adalah untuk melakukan studi tiru terkait Implementasi Kurikulum Merdeka. Alasan mengapa SMAN 1 Giri dipilih sebagai tempat studi tiru adalah karena SMAN 1 Giri termasuk angkatan awal di Kabupaten Banyuwangi yang benar-benar menerapkan Kurikulum Merdeka dengan kategori Mandiri Berbagi.

Dengan semangat ingin terus belajar dan berbagi, tim kurikulum, humas dan kesiswaan melakukan penyambutan di ruang GRAHA SMAGI. Hadir sebagai pemateri utama, Kepala SMAN 1 Giri Bapak H. Mujib, S.Pd, M.M. Sedangkan para tamu terdiri dari Kepala SMAN 1 Muncar beserta timnya sejumlah enam orang dan empat orang tim dari SMAN Darusholah Singonjuruh yag dikoordinatori oleh Wakasek Kurikulumnya bapak Asmuni. 

Acara berlangsung sesuai dengan rundown antara lain, pembukaan, menyanyikan Indonesia Raya, Sambutan tamu yang diwakili oleh Kepala SMAN 1 Muncar Bapak Heriyanto Nurcahyo,  dan Wakasek Kurikulum SMAN Darusholah Singonjuruh, Bapak Asmuni, serta sambutan tuan rumah oleh Kepala SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. 

 

Sesi acara yang ditunggu-tunggu adalah sesi tanya jawab. di dalam sesi tersebut, pak Mujib menyampaikan tentang penilaian Kurikulum Merdeka, Implementasi P5, E-Rapor, serta Supervisi akademik yang merupakan area pembicaraan yang diinginkan oleh Kepala SMAN 1 Muncar.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mempresentasikan E-supervisi milik SMAN 1 Giri yang pernah memenangkan juara 2 se Provinsi Jawa Timur dalam lomba inovasi Kepala Sekolah GCC batch 3.  Selain E-supervisi, beliau juga mempresentasikan E-disposisi yang juga sampai saat ini terus berjalan dan sangat membantu kinerja di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.

Sedangkan topik yang juga dikupas secara mendalam adalah  pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan area konsis yang ingin diperkuat  oleh SMAN Darusholah. Topik-topik pertanyaan meliputi penentuan tema, waktu pelaksanaan, penyusunan jadwal, penyusunan modul, dan penilaian P5 yang secara mendalam diulas oleh Kepala SMAN 1 Giri dan ditambahkan oleh Wakasek Kurikulum SMAN 1 Giri, ibu rini Astuti Puspa Hidayati,S.Pd. 

Acara ditutup dengan mengunjungi ruang waka SMAN 1 Giri guna melihat langsung dokumen-dokumen yang dimiliki SMAn 1 Giri Taruna Bangsa yang dimungkinkan bisa menjadi salah satu sumber inspirasi.

Semoga dengan berkolaborasi dan rajin berbagi akan membawa keberkahan bagi setiap sekolah, utamanya SMAN 1 Giri Taruna Bangsa sebagai pihak tuan rumah. Oleh karenanya, ditunggu kunjungan-kunjungan berikutnya.