post-image

PEMBELAJARAN DALAM PENYELENGGARAAN PERAYAAN KE 50 SMAN 1 GIRI TARUNA BANGSA

Rangkaian peringatan hari lahir ke 50  SMAN 1 Giri Taruna telah ditutup pada Sabtu malam Minggu tanggal 16 Desember 2023. Meskipun sebenarnya SMAN 1 Giri memiliki tanggal lahir 18 Desember, sama dengan Hari Jadi Banyuwangi (HARJABA). 

Perayaan Dies Natalis SMAN 1 Giri kali ini dimulai pada tanggal 9 November 2023 dengan acara pembukaan SMAGI Basketball Competition (SBC) yang diikuti oleh 42 tim basket di area Banyuwangi kota. Acara yang berlangsung selama empat hari tersebut langsung dibuka oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan provinsi Jawa Timur Wilayah Kabupaten Banyuwangi, Akhmad Jaenuri, langsung di lokasi pertandingan yaitu Lapangan Basket SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. Pada saat pertandingan tersebut berlangsung, secara simultan di area lapangan Volly SMAGI dibuka berbagai stand UMKM dan stand siswa yang menyediakan berbagai makanan maupun minuman dengan harga yang terjangkau.

Bebarengan dengan even kompetisi basket tersebut, pada tanggal 9 November 2023 juga terdapat penyisihan lomba SMAGI English Olimpiad  (SEO) yang diikuti 230 siswa  SMP dan MTS negeri swasta se kabupaten Banyuwangi. Sedangkan tanggal 10 November 2023 adalah babak semifinal yang diikuti 50 peserta yang tersisa dan babak final diikuti 10 peserta yang diambil 6 juara. Baik babak final maupun semifinal tersebut diselenggarakan di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.

Tak mau kalah, pada tanggal 11 November 2023 juga dilaksanakan babak penyisihan olimpade Matematika SMAGI yang biasa disebut OLIMAT. Pada babak penyisihan tersebut diikuti 210 siswa SMP dan MTS negeri dan swasta se kabupaten Banyuwangi. Lalu babak semifinal menyisakan 50 peserta dan babak final menyisakan 6 peserta. Seluruh babak semifinal dan final diselenggarakan di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.

Masih satu rangkaian perayaan Dies Natalis ke 50 SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, pada tanggal 5- 8 Desember 2023 diselenggarakan PORKLAS dan classmeeting. Pada  8 Desember 2023, seluruh warga sekolah diperbolehkan mengikuti donor darah di aula SMAN 1 Giri Taruna Bangsa mulai pukul 08.00 WIB

Senin, 11 Desember 2023 bapak Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Banyuwangi berkenan membersamai warga SMAGI untuk jalan sehat, senam pagi dan melakukan gerakan makan ikan. Lanjut di tanggal 12 Desember Istighosah dan Pengumuman Gerakan umroh siswa. Dalam pengumuman gerakan umroh siswa (GUS) ternyata tidak ada satupun peserta didik yang mampu memenuhi standar sekolah, yaitu hafal minimal 5 juz.

Jumat, 15 Desember 2023 final Festival Band Pelajar di panggung yang terletak di halaman SMAN 1  Giri Taruna Bangsa. Disusul malam harinya pemilihan putra putri SMAGI dan pentas seni.

Dan malam puncak GPGNSS ke 38 diselenggarakan pada hari Sabtu malam Minggu, 16 Desember 2023. Selain awarding seluruh pemenang lomba, penobatan putra putri SMAGI terpilih, pentas juara 1 pemenang Festival Band Pelajar SMAGI (FBPS) 2023 juga yang terakhir adalah menampilkan  bintang tamu Indie Band “NoStress” dari Bali.

Kemeriahan acara Dies Natalis ke 50 SMAN 1 Giri Taruna Bangsa tersebut bukan hanya sekedar untuk memenuhi kesenangan para siswa saja, melainkan juga sebagai sarana belajar para peserta didik yang menjadi pantia dalam kegiatan tersebut. Dengan menyelenggarakan perayaan dies natalis tersebut, para siswa mengasah kemampuan kewirausahaan, kemampuan berkomunikasi, berkolaborasi, gotong-royong, kreatif, mandiri dan bernalar kritis. Seluruh kompetensi tersebut adalah kompetensi yang dibutuhkan setiap manusia agar bisa eksis menghadapi tantangan abad 21.

Selamat Ulang Tahun SMAGI tercinta. Di usia yang matang ini, semoga makin banyak melahirkan lulusan yang berkualitas dan mampu menjadi pemimpin di berbagai bidang di masa depan