post-image

smagi terapkan p5 dalam pilketos

SMAN 1 Giri Taruna Bangsa memasuki sejarah baru sebagai salah satu dari tiga sekolah di Banyuwangi yang mengimplementasikan kurikulum merdeka versi Merdeka Berbagi. Setelah Ditandatanganinya dokumen KOSP oleh bapak Akhmad Nurhuda, MPd selaku pengawas wali pada hari Sabtu, tanggal 16 Juli 2022 di aula SMAN 1 Giri Taruna Bangsa, maka hari ini Senin 8 Agustus 2022 tiba saatnya untuk melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) hari yang pertama. Kegiatan yang akan dilaksanakan selama 5 hari ini (8-12 Agustus 2022) mengikuti panduan modul yang telah disusun bersama oleh seluruh tim guru kelas X, termasuk kurikulum dan kesiswaan 

Kegiatan P5 ini hanya diberlakukan bagi siswa kelas X karena Implementasi Kurikulum Merdeka di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa baru dilaksanakan pada tahun ini. Sedangkan kelas XI dan XII masih melaksanakan Kurikulum Dua Ribu Tiga Belas.

Materi-materi yang diberikan ketika P5 ini antara lain adalah tentang (1) Orasi dan Kampanye, (2) Memilih Pemimpin, (3) Azaz Pemilu, (4) Debat, dan (5) Tata Cara Memilih saat Pilketos. Setiap hari hanya disampaikan satu materi saja. Dan serunya adalah setelah penyampaian materi anak-anak diajak langsung mempraktekannya dalam suasana yang real yaitu Pemilihan Ketua Osis yang biasa disingkat PILKETOS. Dengan adanya penerapan langsung semacam ini, para siswa belajar dengan lebih realistik dan mendalam, bukan sekedar teori namun pada tataran mengimplementasikannya. 

Model praktek yang dilakukan antara lain adalah kampanye dari Tim sukses Paslon 1, 2, dan 3. dilanjutkan orasi dari Paslon 1, 2 dan 3. Hari keempat praktek debat terbuka antar Paslon. Kegiatan-kegiatan tersebut dilaksanakan di tempat terbuka yaitu di panggung ekspresi sehingga anak-anak mendapatkan suasana baru. Sedangkan kegiatan hari terakhir adalah praktek memilih Paslon dengan menggunakan sarana digital yang dilaksanakan di lab MM 2, 3, 4 dan 5.

Adapun nilai-nilai moral yang dipilah dalam dimensi-dimensi yang ingin dicapai dalam PILKETOS ini antara lain adalah Dimensi Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, Dimensi Berkebinekaan Global  dan Dimensi Bergotong-royong. Dari ketiga dimensi tersebut diturunkan pada elemen-elemen antara lain akhlak pribadi, akhlak kepada manusia,akhlak bernegara,komunikasi dan interaksi antar budaya, berkeadilan sosial, kolaborasi dan kepedulian. Berikutnya dari elemen diturunkan pada sub elemen yang ingin dicapai yaitu integritas, mengutamakan persamaan dengan orang lain dan menghargai perbedaan, melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warganegara Indonesia, mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai prespektif, berpartisispasi dalam pengambilan keputusan bersama, memahami peran individu dalam demokrasi, kerjasama, komunikasi untuk mencapai tujuan bersama, dan tanggap terhadap lingkungan sosial. 

 

          Dari hasil wawancara penulis secara random terhadap beberapa siswa kelas X yang mengikuti kegiatan PILKETOS dalam rangkaian P5 ini, hampir semua mengatakan sangat senang mengikuti kegiatan tersebut. Adapun alasannya antara lain karena tidak membosankan, bisa praktek langsung, lebih menghayati pemilihan ketua OSIS, jadi memahami orasi yang baik, debat yang baik, dll.

          Kegiatan tersebut telah usai dilaksanakan, harapan yang tersemat adalah seluruh siswa SMAN 1 Giri Taruna Bangsa dapat menyerap pembelajaran yang bermakna terutama dalam hal pembentukan karakternya ketika menghadapi situasi proses demokrasi khususnya di lingkungan sekolah. Harapan berikutnya, karakter positif tersebut juga akan terbawa ketika menghadapi situasi proses demokrasi di lingkungan masyarakat, berbangsa dan bernegara yang sangat berharga bagi kemajuan bangsa ini kelak di kemudian hari. Aamiin.