post-image

peringatan hari pahlawan, sma negeri 1 giri hadirkan para veteran pejuang kemerdekaan pada kelas inpirasi

Tepat di halaman terdengar berbagai suara tembakan, boom, teriakan histeris, merdeka……merdeka….merdeka atau mati, teatrikal Kolaborasi yang melibatkan TNI, Polri, Veteran, Kepala sekolah, Guru, staff dan siswa.

Berkolaborasi ini dalam memeringati hari 10 November 1945 sebagai hari pahlawan. Suasana serasa masuk dalam alam berfikir masa lalu. Rabu, (10/11/2021)

Sebelum acara teatrikal oleh Teater Tirakat Optimum. Kegiatan diawali upacara memperingati hari pahlawan. Dalam sambutan pembina upacara sekaligus Kepala Sekolah H. Mujib S.Pd., MM. Mengatakan bahwa “Harapannya hari pahlawan menjadi inspirasi sehingga bisa berbuat untuk negara. para pejuang tidak mengenal lelah, bahkan mengorbankan jiwa dan raganya demi memperjuangkan kemerdekaan dan kita inilah bisa menikmatinya hingga saat ini. jadi jangan melupakan jasa-jasa pahlawan termasuk jangan melupakan sejarah bangsa, ”ungkapnya.

Mujib juga menambahkan “Belajar tidak harus dibatasi di dalam kelas, semua tempat menjadi laboratorium belajar. Kedepannya saya ingin bapak-bapak Veteran menjadi sumber belajar. Kami akan berikan ruang agar veteran bisa memberikan materi JSN 45, bisa dienkultrasikan dalam mata pelajaran sejarah ataupu mata pelajaran PPKN. Ini jelas sesuai dengan misi Negara dalam membentuk karakter bangsa dan implementasi merdeka belajar, ”ungkapnya.

“Terkait pembentukan karakter kami mulai dari program polisi siswa. Tugas mereka hadir lebih awal yang bertugas mencatat siswa yang melanggar aturan dalam berkendara agar mereka belajar tertib lalu lintas, atribut sekolah juga tidak lepas dari pantauan. Jadi penilaian tidak hanya ditekankan pada aspek kognitif, tapi aspek sikap juga bisa dilihat dari program polisi siswa selain penilaian psikomotorik. Sehingga harapan saya jika sudah lulus dari seolah ini menjadi generasi yang memiliki profil pancasila Pancasila, kebhinekaan global, gotong royong, Kemandirian, bernalar kritis dan kreatif, ” Tambahnya.

Hadir dalam kegiatan upacara dan penanaman Jiwa semangat dan nilai-nilai juang 45 antara lain : Pengurus DPC LVRI Banyuwangi, TNI, POLRI, Dosen Universitas PGRI Banyuwangi. Selesai upacara, siswa langsung mengikuti penanaman Jiwa semangat dan nilai-nilai juang 45 oleh Brigadir Pol (Purn) IGB Sudharma dan Serka (Purn) Sutrisno.

Siswa diajak menyelami peristiwa perjuangan mempertahankan dan membela kemerdekaan Republik Indonesia. Siswa dan Siswi sangat antusias mengikutinya hingga selesai. Mereka bangga karena melihat dan mendengar secara langsung dari pelaku sejarah. Bahkan salah satu siswa ketika diberikan kesempatan dialog mengatakan “Terima kasih Bapak veteran, kami sangat bangga, kami semuanya sangat terharu mendengar ketika bapak veteran bercerita ada temannya yang gugur, tidak pernah pulang karena tugas dan bahkan jarang ketemu dengan putra dan putrinya serta istrinya, ”ungkap salah satu siswa kelas XI.

Pesan ditutup dengan penggalan Puisi oleh siswi SMAN 1 Giri Taruna Bangsa “Aku berjanji pahlawan, akan aku perangi korupsi, akan aku perangi narkoba , akan aku berani miras , karena itu yang menghalangi dan menghancurkan masa depan bangsa, Aku cinta kemerdekaan pahlawan, Kemerdekaan akan saya isi yang baik-baik, Percayalah pahlawan, percayalah pahlawan, dan percayalah pahlawan, tidak akan saya cederai, sekali lagi tidak akan saya melupakan jasa-jasamu” (Misk)

Sumber : JURNALNEWS.COM, dengan judul Penanaman JSN’ 45 Dalam Momentum Hari Pahlawan , dengan pengubahan isi seperlunya.