post-image

PEDULI DATA KEPENDUDUKAN PESERTA DIDIK, SMAGI BEKERJASAMA DENGAN DISPENDUKCAPIL BANYUWANGI

SMAN 1 Giri Taruna Bangsa adalah salah satu sekolah yang sangat peduli dengan peserta didiknya. Salah satu wujud kepedulian tersebut adalah dengan terus berkolaborasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Banyuwangi untuk memberikan layanan data  kependudukan baik itu berupa Kartu Keluarga(KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bentuk layanan pertama, ketika para siswa lulus dari SMAN 1 Giri, sekolah bekerjasama dengan Dispendukcapil mengupdate data siswa pada Kartu Keluarga sehingga tertera lulus SMA. Program ini telah berjalan selama tiga tahun dan tentunya bukan hanya membantu siswa beserta keluarganya, namun juga membantu menaikkan grafik indeks pembangunan Banyuwangi. 

Jika sebelumnya KK siswa tidak pernah diupdate, sehingga sudah lulus SMP namun masih tercantum lulus SD, maka lulus dari SMAN 1 Giri menerima ijazah sekaligus KK baru yang mencantumkan data baru sebagai lulusan SMA. Siswa maupun keluarganya tidak perlu datang sendiri ke Dispendukcapil, cukup menyerahkan KK lama ke pihak sekolah.

Bentuk layanan kedua adalah rekam data kependudukan dan pencetakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi siswa yang telah berumur 17 tahun. 

Dilatar belakangi dari beberapa siswa yang ijin mengurus KTP ketika jam efektif sekolah sedang berlangsung, maka sekolah berkirim surat resmi kepada Kepala Dispendukcapil. Surat yang dikirim SMAN 1 Giri pada tanggal 28 Agustus 2023  nomor 421.4/446/101.6.7.6/2023 tersebut membicarakan tentang permohonan rekam KTP di sekolah. Ternyata hanya selang sehari saja, Dispendukcapil langsung merespon dengan mengirimkan data siswa 295 yang sudah bisa melakukan rekam data dan keesokan harinya pada tanggal 29 Agustus 2023 mobil layanan Dispendukcapil telah terparkir di depan Aula SMAN 1 Giri untuk melakukan layanan rekaman data. Kegiatan rekam data berlagsung mulai pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. 

Dengan kegiatan tersebut, sekolah sangat terbantu karena siswanya tidak perlu ijin keluar sekolah untuk melakukan kegiatan rekam KTP. Siswa juga sangat terbantu karena cukup dari sekolah saja sudah bisa melakukan rekam KTP. Dispendukcapil pun juga sangat terbantu karena segera bisa melakukan tertib administrasi terhadap calon pemegang KTP baru.

SMAN 1 Giri Taruna Bangsa sungguh sangat berbahagia bisa melayani dengan sepenuh hati dan bersyukur bisa menjadi bagian dari masyarakat yang memberikan kontribusi positif bagi sekitarnya.