post-image

CURIOUS DAN PEMBELAJAR SEPANJANG HAYAT

Curious dan pembelajar sepanjang hayat. Rasanya dua kata itu tidak berlebihan untuk menggambarkan karakter sebagaian besar bapak ibu guru SMAN 1 Giri Taruna Bangsa.  Hal tersebut sungguh tampak nyata pada pagi ini, Sabtu, 5 Agustus 2023 pada kegiatan Pelatihan Pengembangan Media Imersive Virtual Field Trip untuk Meningkatkan Kapabilitas Guru pada Kawasan Geopark Ijen dalam Implementasi Merdeka Belajar.

Bahkan rasanya, dua kata "curious dan pembelajar sepanjang hayat"  belumlah cukup untuk menggambarkan Bapak Ibu guru pengajar di SMAN 1 Giri Taruna Bangsa. Mungkin akan lebih lengkap jika ditambah satu lagi yaitu berdaya juang tinggi. 

Bagaimana tidak? SMAN 1 Giri Taruna Bangsa adalah sekolah dengan lima hari kerja di mana Senin sampai Jumat sudah pulang sore, namun masih ditambah kegiatan kesamaptaan untuk kesegaran jasmani di hari Sabtu pagi mulai 06.00 WIB hingga 08.00 WIB. Keadaan tersebut tidak menyurutkan langkah 12 orang bapak ibu guru untuk menuntut ilmu pada pelatihan yang dilaksanakan di aula SMAN 1 Giri tersebut.

Pelatihan yang diselenggarakan oleh Tim Pengabdian Masyarakat Universitas Negeri Malang Jurusan Pendidikan Geografi yang bekerjasama dengan Kurikulum SMAN 1 Giri kali ini, sebenarnya dibatasi hanya untuk 10 peserta. Hal tersebut dikarenakan jumlah anggota tim yang terjun adalah 5 orang sehingga 1 orang mendampingi dua peserta pelatihan agar efektif. Akan tetapi, nyatanya, jumlah pendaftar di SMAN 1 Giri sejumlah 12 orang yang artinya melebihi yang diminta. 

Belum lagi, 50% dari peserta pelatihan telah berusia kepala lima. Bahkan salah satu peserta, atas nama ibu Dra Edi Dwi Retnani kini telah berusia 59 tahun yang artinya satu tahun lagi akan pensiun. Namun beliau hadir tepat waktu dan begitu bersemangat  menyerap ilmu pagi ini. Padahal guru pengajar Geografi tersebut bertempat tinggal di Srono yang artinya lumayan jauh dari Giri. 

Semoga karakter positif Bapak dan Ibu guru tersebut bisa dijadikan teladan oleh para peserta didik, bahwa belajar tidak mengenal usia dan bisa dari mana saja serta dengan siapa saja.

Aktivitas pagi ini meliputi pembukaan, sambutan ketua tim Pengabdian Masyarakat UM Jurusan Pendidikan Geografi, Sambutan Kepala SMAN 1 Giri Taruna Bangsa sekaligus membuka acara, dilanjut pemaparan materi oleh mas Robby dari pasca sarjana UM.Lalu dilanjutkan sesi praktek instal sofware beserta cara penggunaannya serta praktek memotret dengan kamera 360 derajad. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas bapak ibu guru peserta pelatihan sehingga bisa menyajikan pemeblajaran yang lebih bervariasi berkat belajar Media Imersive Virtual Field Trip.